Sunday, April 18, 2010

Untung besar dari Cacing Tanah

Untung besar dari Cacing Tanah

Kebanyakan orang jijik dengan cacing tanah (Lumbricus rubellus). Namun, ketika hewan ini memiliki nilai ekonomi tinggi, dan bahkan memiliki banyak manfaat kesehatan untuk manusa, kita meremehkan kembangkan?

CACING tanah hewan, termasuk invertebrata (invertebrata). Dia tinggal di tanah yang subur dan lembab. Cacing Tanah mengandung kadar protein tinggi, sekitar 76 persen, jauh lebih tinggi daripada kandungan protein dalam daging mamalia (65%) dan ikan (50%).

Cacing Tanah memiliki banyak properti untuk mengobati penyakit dan menjaga kesehatan. Banyak orang yang mengkonsumsi tanpa kontak dengan efek samping.

Beberapa penelitian juga membuktikan adanya daya antibakteri hasil ekstraksi protein cacing tanah, yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri Escherichia coli, Gram-negatif dysenterica Shigella, Staphylococcus aureus, dan Salmonella thypus.

Tidak mengherankan, cacing tanah dapat digunakan sebagai media pengobatan. Dia mampu mengobati berbagai infeksi saluran pencernaan seperti typus, disentri, diare dan gangguan perut lainnya seperti bisul. Bisa juga untuk mengobati infeksi saluran pernapasan seperti batuk, asma, influenza, bronkitis, dan TBC.

Bahkan, cacing tanah dapat digunakan untuk menurunkan kadar kolesterol, menurunkan tekanan darah pada pasien hipertensi, serta menurunkan kadar gula darah untuk penderita diabetes. Selain itu, dapat digunakan untuk mengobati wasir, eksim, alergi, luka, sakit gigi, nyeri rematik mengurangi efek karena kelelahan atau rematik.

Ia juga dapat digunakan untuk menjaga kesehatan, terutama meningkatkan daya tahan, meningkatkan nafsu makan, dan bahkan menambah vitalitas seksual laki-laki. Tidak heran juga jika banyak kapsul dipasarkan mengandung herbal ekstrak cacing tanah.

Bukan rahasia lagi jika sebagian produk kosmetik juga menggunakan cacing tanah sebagai bahan baku mereka, terutama pelembab kulit dan lipstik. Bahkan di beberapa negara maju, cacing tanah diolah menjadi makanan lezat dan kaya nutrisi khusus. Tidak hanya itu, cacing tanah juga dapat diproses untuk berbagai tujuan seperti produksi pakan ayam dan pelet ikan.

Untuk mengetahui penulis artikel baca selengkapnya >>>>

No comments:

Post a Comment